Tuesday, March 15th, 2016 | Author:

Foxit Reader adalah salah satu aplikasi pembuka PDF yang paling saya sukai ketika jaman-jaman Adobe Reader menguasai pangsa PDF viewer di jagat dunia maya ini. Waktu itu Adobe Reader menjadi satu-satunya aplikasi wajib yang terinstall oleh penjual komputer. Sayangnya, aplikasi ini memakan waktu yang lumayan lama ketika file PDF dibuka. Hingga saya mengenali Foxit Reader yang membuat falling in love hingga seterusnya. Sekarang mungkin sudah banyak aplikasi pembuka file PDF yang bisa kita temukan di portal teknologi informasi.

Beberapa master Foxit Reader ternyata memiliki default bahasa yang tidak biasa. Saya sendiri sering menemukan defaultnya dalam bahasa Rusia. Memang untuk sekedar membuka file PDF tidak terlalu masalah. Karena yang kita butuhkan itu hanya bisa membaca dokumen. Tapi ketika ingin memanfaatkan fungsi-fungsi seperti mengopy data, bahasa Rusia ini bikin menjengkelkan. seriuss..!!

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | Tags: , ,  | Leave a Comment
Saturday, December 05th, 2015 | Author:

Wisata Greenland Aceh Besar

Aceh memiliki sederetan tempat wisata yang bagus-bagus dan mengasyikkan. Terutama di Aceh Besar, kabupaten yang memiliki tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Seperti, pantai lhoknga, pantai lampuuk, pemandian air panas di Krueng Raya, Air terjun lhong, Benteng Indrapatra dan banyak lainnya yang bisa anda lihat di website Aceh Besar Tourism.

Beberapa tempat wisata aceh tersebut mungkin sudah biasa dikunjungi oleh wisatawan lokal Banda Aceh dan Aceh Besar. Tapi sekarang ada tempat baru di Aceh Besar yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi terutama buat keluarga yang ingin menghabiskan akhir pekannya dengan nyaman dan santai.

Greenland Jantho merupakan salah satu dari tempat wisata yang mesti anda kunjungi yang berada dibawah kaki bukit barisan. Tempatnya indah dengan dihiasi pemandangan Gunung seulawah dan bukit barisan. Ngomong tempat berarti juga ngomong makanan apa yang disajikan. Ketika saya kesini menghadiri acara Aceh Blogger Gathering tentu yang menjadi perhatian saya itu masalah makanan. Secara saya memang manis dan sedikit gendut saya wajib merasakan masakan kokinya. Dan ternyata makanannya itu meu Aceh Ghayeuk (baca: aceh besar) banget. Kalau udah makan pasti harus lih singkee. Pu na lom.. Hehehe…

Ayam Bakar Greenland, Wisata Greenland
Blogger, Masakan Aceh Ghayeuk, Wisata Aceh

Tuh, menggiurkan kan….

Makanya, ajaklah keluarga anda kesini. Tunggu apa lagi…

Possibly Related Posts:


Tuesday, July 07th, 2015 | Author:

Disaat website JNE hidup mati-hidup mati alias hidup segan mati tak mau, saya merasa frustasi ketika harus membutuhkan pengecekan sebuah barang. Sudah beberapa hari menunggu tapi tetap saja website jne tidak bisa terbuka dengan normal. Ternyata permasalahan ini bukan hanya terjadi sekarang, dari beberapa forum yang saya baca setiap tahun ada saja kejadian serupa yang semestinya direspon dengan baik oleh pihak manajemen JNE.

Karena permasalahan yang saya hadapi ini menyangkut UANG yang harus saya dapatkan kembali dengan penjual barang, mau tidak mau saya harus berusaha untuk bisa mendapatkan informasi keberadaan barang saya yang sudah sampai kemana. Alhamdulillah, ternyata JNE masih memiliki tempat tracking number alternatif yang bisa dibuka pada alamat https://www.facebook.com/JNEPusat/app_1548730845355346.

tracking number jne.co.id

Ini hasil tracking number barang saya.

Tracking Number JNE

Semoga bermanfaat.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | Tags: , ,  | 4 Comments
Sunday, August 17th, 2014 | Author:

Pagi itu cuaca masih belum terlalu terik karena mentari sedang mengambil posisinya untuk bisa lebih bersinar di ketinggian derjat. Lautpun masih terlalu tenang dari gelombang. Nampak dari kejauhan ombak masih enggan untuk melengkupkan dirinya. Disini, sebuah kampung yang waktu tsunami 2004 menjadi kampung terparah dilanda kehancuran. Tidak ada yang tertinggal kecuali beberapa pohon besar yang masih dibiarkan Tuhan untuk menjadi saksi bisu dan tempat sebagai tanda, bahwa pohon itu pernah menjadi “warga” sebuah kampung nelayan yang berada di pesisir laut.

Namanya kampung Pasir, karena memang berada di pesisir laut Aceh Barat. Kampung ini terletak di kecamatan Johan Pahlawan, kira-kira 1 km dari pusat kota Meulaboh (kalau ditarik garis lurus mungkin lebih pendek dari itu). Mayoritas penduduk disini menggunakan bahasa jamu atau lebih kenal bahasa jamee alias bahasa minang. Tapi tidak sedikit yang menggunakan bahasa Aceh dengan logat minang. Beberapa orang pria yang saya temui malah menggunakan bahasa Aceh sebagai bahasa pengantarnya. Nampak dari ngomongan mereka ketika bercanda sesamanya.

Peta Ancaman Kampung Pasir

Peta Kampung Pasir

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Sunday, August 17th, 2014 | Author:

Kawan…

Hampir sepuluh tahun gempa dan tsunami Aceh 2004. Serangkaian proses yang kita hadapi telah membentuk kita menjadi generasi yang tangguh dari bencana. Proses terbentuknya ketangguhan ini dilalui secara bertahap. Bukan sembarangan proses. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, dan bencana yang silih berganti telah mengajarkan kita akan artinya ketangguhan dalam berbencana. Kita korban, kita relawan dan kita pembangun. Yang membangunkan kembali pemukiman, pendidikan, pemerintahan, infrastruktur, ekonomi, dan segala sektor penting lainnya.

10 tahun itu bukan waktu yang cepat. Disana ada proses pembelajaran bencana yang terus berulang-ulang. Gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, kebakaran dan berbagai macam jenis bencana lainnya telah mengajarkan kita akan kewaspadaan. Jika kita kembali membuka halaman lama saat gempa dan tsunami 2004 terjadi, begitu banyak korban yang jatuh akibat ketidakpahaman kita. Padahal gejala akan datangnya tsunami sudah tampak didepan mata tapi kita masih terpaku pada goyangan gempa. Jauh tahun kemudian, saat terjadi gempa kuat 11 april 2012, dimana saat itu masyarakat mulai menghindari bibir pantai dan mengungsi ke tempat yang aman seperti bukit dan gedung penyelamatan. Ini menjadi bukti bahwa pemahaman masyarakat terhadap gempa semakin meningkat.

sumber gambar: dallascounty.org

sumber gambar: dallascounty.org

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Sunday, August 03rd, 2014 | Author:

Hari ini hari senin. Hari bermulanya anda bekerja setelah seminggu penuh anda bersalam-salaman dengan ratusan tangan. Baik tangan itu bersih atau tangan kotor. Berminyak atau masih dengan bekasan upilan ketika menunggu sanak saudara, karib kerabat, maupun handai tolan yang katanya mau ke rumah.

Seminggu pun berlalu, setelah tabuh takbiran dikumandangkan. Perayaan makanan pun tersaji di rumah-rumah, kantoran, halal bi halal di semua tempat dimana rezeki dilebihkan. Tidak lupa disana ada lontong, rendang, sumur (?), sie rebush, kuweh, kacang, es buah, sirop dan berbagai macam makanan dan minuman penyejuk mata dan perut yang menggoda setiap insan. Tua dan muda pun berkongsi untuk menyantapnya.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Category: Iseng  | Tags: , , ,  | Leave a Comment
Saturday, June 28th, 2014 | Author:

Satu hari yang lalu, selepas jumat saya sempat berbincang santai bersama keluarga. Mengingat masa melahirkan adik saya yang tidak lama lagi. Katanya sih dalam hitungan hari ke depan sudah bisa melahirkan. Tentu hitungan hari ke depan itu adalah awalnya bulan Ramadhan. Terlintas dibenak saya bagaimana jika seorang ibu hamil berpuasa. Apakah secara agama dan kesehatan dibolehkan?

Bolehkah wanita hamil berpuasa

Dari beberapa literatur yang saya baca di Internet, terkait wanita hamil berpuasa dalam Islam sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits : “Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla meringankan setengah salat untuk musafir dan meringankan puasa bagi musafir, wanita hamil dan menyusui.” (HR An Nasai no 2275, Ibnu Majah no 1667, dan Ahmad 4/347).

Lantas bagaimana Islam meringankan wanita hamil/menyusui berpuasa?

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Saturday, June 21st, 2014 | Author:

Kompos organik dapat dibuat dari berbagai sampah organik yang terdapat di sekeliling kita. Seperti busukan daun, daun jati, daun bambu, alang-alang adalah beberapa contoh dari bahan organik yang bisa dimanfaatkan. Kompos adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan organik baik hewan maupun tumbuhan yang dibusukkan oleh mikro organisme pengurai (dekomposer). Untuk apa kompos digunakan? Tentu, kegunaan dari kompos adalah sebagai unsur hara dan media tanam bagi tumbuhan.

Kali ini, saya akan membagikan cara pembuatan kompos organik dalam waktu yang relatif singkat. Bahan-bahannya sangat mudah kita temukan di sekeliling kita. Apa-apa saja bahan tersebut?

1. Daun jati kering 2 karung goni ukuran 40 atau 50 kg.
2. Daun bambu kering 1 karung goni ukuran 40 atau 50 kg.
3. Daun (rerumputan) alang-alang kering 1 karung goni ukuran 40 atau 50 kg.
4. Singkong 5 Kg (semakin banyak semakin bagus).
5. Ragi tape/fermipan.
6. Bekatul 1 karung.
7. Gula 1/2 Kg.

Cara Membuat:
1. Siapkan air sebanyak 2 liter. Masukkan dalam kuali beserta gula pasir 1/2 kg dan Rebuslah.

Gula Pasir di Rebus

2. Dinginkah air rebusan tadi.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Monday, March 24th, 2014 | Author:

Sadar ga bero kalau setiap anda membuka wordpress sejak pertama sekali atau ketika memasuki ke dalam menu plugin anda itu akan selalu melihat plugin yang bernama Hello Dolly. Saat itu (maksudnya ketika saya mengenal wordpress) saya memang cuman melihat saja tanpa menghiraukannya. Melihat ia duduk dibangku cadangan para plugin. Begitu kasihan sampai tidak dipedulikan sedikitpun. Mau hapus, enggan.  Ya sudah akhirnya diberikan tempat duduk saja di bangku cadangan. Waktupun mulai menaruh curiga dan angin semerbak mulai membisikkan ditelinga ini; Bosssss,, yu tau gak sebenarnya plugin Hello Dolly itu siapa?

Tak kusangke dan tak kuduge, si Matt Mullenweg muncul ditampilan dashboard wordpress dan memberitahuku (aahhh andai saja aku bisa merekam adegannya.. xixixi :p ). Dengan nada sedikit bengis dan gerimis si matt ngomong: Kan udah aye kasih tau ama elu dulu.. “This is not just a plugin, it symbolizes the hope and enthusiasm of an entire generation summed up in two words sung most famously by Louis Armstrong: Hello, Dolly. When activated you will randomly see a lyric from Hello, Dolly in the upper right of your admin screen on every page.” Apa karena aye ngomongnya pake bahasa inggris ya sampe elu ga mudeng? haha. Bisa jadi pak de.. kata saya. Setelah itu, saya mulai sadar ternyata plugin Hello Dolly adalah alunan lagu klasik yang dinyanyikan oleh Louis Armstrong. Lagu ini adalah lambang pengharapan dan entusiasme dari seluruh generasi. Jujur, ketika si Matt ngatain ini pengharapan dan entusias, saya tidak tahu harus menghayal seperti apa.. Tapi bagaimanapun itu, lagu ini emang enak didengar bagi pecinta jazz  dan saya sendiri.. cocok untuk admin yang sedang galau gundah gulana… bhuakakaka..

husssssshhhhhhhh… Daripada ngetawain orang, mending kita cekidot aja lirikan lagunya :D

Possibly Related Posts:


Saturday, March 22nd, 2014 | Author:

Hari ini, saya dipermainkan oleh sebuah cabang ilmu pertanian bagian penyubur tumbuhan. Bisa dibilang cukup unik untuk seukuran saya yang tidak pernah atau sama sekali tahu tentang dunia bercocok tanam. Apa yang saya lakukan ini sebenarnya timbul dari sedikitnya orang yang tahu dan merasa cuek dengan manfaat binatang sekitar yang dianggap sama sekali tidak penting dan menjadi binatang pengganggu bagi tanaman mereka. Ketika dihadapkan kepada ketidakpengetahuan seperti ini, mungkin saya, anda atau siapapun itu akan merasa benar pada posisi, Cuek!.

Apa itu ZPT? ZPT adalah singkatan dari  Zat Pengatur Tumbuhan atau dikenal juga dengan hormon tumbuhan yang merupakan bagian dari proses regulasi genetik dan berfungsi sebagai precursor yang aktif dalam jumlah kecil sekitar 10-6-10-5 ? (stokishcs.com). Dengan adanya hormon ini proses adaptasi dan pertahanan diri tumbuh-tumbuhan akan berlangsung lebih sehat, subur dan kuat dari kondisi biasanya.

ZPT itu sendiri dikategorikan ke dalam 6 kelompok yang terdiri dari auksin, giberelin, sitokinin, asam absisik (ABA), etilen dan retardan. Pada kesempatan ini saya sebagai pemula akan mempraktekkan satu kelompok dari 6 kelompok diatas yaitu Auksin.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Category: Agriculture  | Tags: , , ,  | 4 Comments
Check Google Page Rank