Sunday, August 17th, 2014 | Author:

Pagi itu cuaca masih belum terlalu terik karena mentari sedang mengambil posisinya untuk bisa lebih bersinar di ketinggian derjat. Lautpun masih terlalu tenang dari gelombang. Nampak dari kejauhan ombak masih enggan untuk melengkupkan dirinya. Disini, sebuah kampung yang waktu tsunami 2004 menjadi kampung terparah dilanda kehancuran. Tidak ada yang tertinggal kecuali beberapa pohon besar yang masih dibiarkan Tuhan untuk menjadi saksi bisu dan tempat sebagai tanda, bahwa pohon itu pernah menjadi “warga” sebuah kampung nelayan yang berada di pesisir laut.

Namanya kampung Pasir, karena memang berada di pesisir laut Aceh Barat. Kampung ini terletak di kecamatan Johan Pahlawan, kira-kira 1 km dari pusat kota Meulaboh (kalau ditarik garis lurus mungkin lebih pendek dari itu). Mayoritas penduduk disini menggunakan bahasa jamu atau lebih kenal bahasa jamee alias bahasa minang. Tapi tidak sedikit yang menggunakan bahasa Aceh dengan logat minang. Beberapa orang pria yang saya temui malah menggunakan bahasa Aceh sebagai bahasa pengantarnya. Nampak dari ngomongan mereka ketika bercanda sesamanya.

Peta Ancaman Kampung Pasir

Peta Kampung Pasir

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Sunday, August 17th, 2014 | Author:

Kawan…

Hampir sepuluh tahun gempa dan tsunami Aceh 2004. Serangkaian proses yang kita hadapi telah membentuk kita menjadi generasi yang tangguh dari bencana. Proses terbentuknya ketangguhan ini dilalui secara bertahap. Bukan sembarangan proses. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, dan bencana yang silih berganti telah mengajarkan kita akan artinya ketangguhan dalam berbencana. Kita korban, kita relawan dan kita pembangun. Yang membangunkan kembali pemukiman, pendidikan, pemerintahan, infrastruktur, ekonomi, dan segala sektor penting lainnya.

10 tahun itu bukan waktu yang cepat. Disana ada proses pembelajaran bencana yang terus berulang-ulang. Gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, kebakaran dan berbagai macam jenis bencana lainnya telah mengajarkan kita akan kewaspadaan. Jika kita kembali membuka halaman lama saat gempa dan tsunami 2004 terjadi, begitu banyak korban yang jatuh akibat ketidakpahaman kita. Padahal gejala akan datangnya tsunami sudah tampak didepan mata tapi kita masih terpaku pada goyangan gempa. Jauh tahun kemudian, saat terjadi gempa kuat 11 april 2012, dimana saat itu masyarakat mulai menghindari bibir pantai dan mengungsi ke tempat yang aman seperti bukit dan gedung penyelamatan. Ini menjadi bukti bahwa pemahaman masyarakat terhadap gempa semakin meningkat.

sumber gambar: dallascounty.org

sumber gambar: dallascounty.org

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Sunday, August 03rd, 2014 | Author:

Hari ini hari senin. Hari bermulanya anda bekerja setelah seminggu penuh anda bersalam-salaman dengan ratusan tangan. Baik tangan itu bersih atau tangan kotor. Berminyak atau masih dengan bekasan upilan ketika menunggu sanak saudara, karib kerabat, maupun handai tolan yang katanya mau ke rumah.

Seminggu pun berlalu, setelah tabuh takbiran dikumandangkan. Perayaan makanan pun tersaji di rumah-rumah, kantoran, halal bi halal di semua tempat dimana rezeki dilebihkan. Tidak lupa disana ada lontong, rendang, sumur (?), sie rebush, kuweh, kacang, es buah, sirop dan berbagai macam makanan dan minuman penyejuk mata dan perut yang menggoda setiap insan. Tua dan muda pun berkongsi untuk menyantapnya.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Category: Iseng  | Tags: , , ,  | Leave a Comment
Saturday, June 28th, 2014 | Author:

Satu hari yang lalu, selepas jumat saya sempat berbincang santai bersama keluarga. Mengingat masa melahirkan adik saya yang tidak lama lagi. Katanya sih dalam hitungan hari ke depan sudah bisa melahirkan. Tentu hitungan hari ke depan itu adalah awalnya bulan Ramadhan. Terlintas dibenak saya bagaimana jika seorang ibu hamil berpuasa. Apakah secara agama dan kesehatan dibolehkan?

Bolehkah wanita hamil berpuasa

Dari beberapa literatur yang saya baca di Internet, terkait wanita hamil berpuasa dalam Islam sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits : “Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla meringankan setengah salat untuk musafir dan meringankan puasa bagi musafir, wanita hamil dan menyusui.” (HR An Nasai no 2275, Ibnu Majah no 1667, dan Ahmad 4/347).

Lantas bagaimana Islam meringankan wanita hamil/menyusui berpuasa?

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Saturday, June 21st, 2014 | Author:

Kompos organik dapat dibuat dari berbagai sampah organik yang terdapat di sekeliling kita. Seperti busukan daun, daun jati, daun bambu, alang-alang adalah beberapa contoh dari bahan organik yang bisa dimanfaatkan. Kompos adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan organik baik hewan maupun tumbuhan yang dibusukkan oleh mikro organisme pengurai (dekomposer). Untuk apa kompos digunakan? Tentu, kegunaan dari kompos adalah sebagai unsur hara dan media tanam bagi tumbuhan.

Kali ini, saya akan membagikan cara pembuatan kompos organik dalam waktu yang relatif singkat. Bahan-bahannya sangat mudah kita temukan di sekeliling kita. Apa-apa saja bahan tersebut?

1. Daun jati kering 2 karung goni ukuran 40 atau 50 kg.
2. Daun bambu kering 1 karung goni ukuran 40 atau 50 kg.
3. Daun (rerumputan) alang-alang kering 1 karung goni ukuran 40 atau 50 kg.
4. Singkong 5 Kg (semakin banyak semakin bagus).
5. Ragi tape/fermipan.
6. Bekatul 1 karung.
7. Gula 1/2 Kg.

Cara Membuat:
1. Siapkan air sebanyak 2 liter. Masukkan dalam kuali beserta gula pasir 1/2 kg dan Rebuslah.

Gula Pasir di Rebus

2. Dinginkah air rebusan tadi.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Monday, March 24th, 2014 | Author:

Sadar ga bero kalau setiap anda membuka wordpress sejak pertama sekali atau ketika memasuki ke dalam menu plugin anda itu akan selalu melihat plugin yang bernama Hello Dolly. Saat itu (maksudnya ketika saya mengenal wordpress) saya memang cuman melihat saja tanpa menghiraukannya. Melihat ia duduk dibangku cadangan para plugin. Begitu kasihan sampai tidak dipedulikan sedikitpun. Mau hapus, enggan.  Ya sudah akhirnya diberikan tempat duduk saja di bangku cadangan. Waktupun mulai menaruh curiga dan angin semerbak mulai membisikkan ditelinga ini; Bosssss,, yu tau gak sebenarnya plugin Hello Dolly itu siapa?

Tak kusangke dan tak kuduge, si Matt Mullenweg muncul ditampilan dashboard wordpress dan memberitahuku (aahhh andai saja aku bisa merekam adegannya.. xixixi :p ). Dengan nada sedikit bengis dan gerimis si matt ngomong: Kan udah aye kasih tau ama elu dulu.. “This is not just a plugin, it symbolizes the hope and enthusiasm of an entire generation summed up in two words sung most famously by Louis Armstrong: Hello, Dolly. When activated you will randomly see a lyric from Hello, Dolly in the upper right of your admin screen on every page.” Apa karena aye ngomongnya pake bahasa inggris ya sampe elu ga mudeng? haha. Bisa jadi pak de.. kata saya. Setelah itu, saya mulai sadar ternyata plugin Hello Dolly adalah alunan lagu klasik yang dinyanyikan oleh Louis Armstrong. Lagu ini adalah lambang pengharapan dan entusiasme dari seluruh generasi. Jujur, ketika si Matt ngatain ini pengharapan dan entusias, saya tidak tahu harus menghayal seperti apa.. Tapi bagaimanapun itu, lagu ini emang enak didengar bagi pecinta jazz  dan saya sendiri.. cocok untuk admin yang sedang galau gundah gulana… bhuakakaka..

husssssshhhhhhhh… Daripada ngetawain orang, mending kita cekidot aja lirikan lagunya :D

Possibly Related Posts:


Saturday, March 22nd, 2014 | Author:

Hari ini, saya dipermainkan oleh sebuah cabang ilmu pertanian bagian penyubur tumbuhan. Bisa dibilang cukup unik untuk seukuran saya yang tidak pernah atau sama sekali tahu tentang dunia bercocok tanam. Apa yang saya lakukan ini sebenarnya timbul dari sedikitnya orang yang tahu dan merasa cuek dengan manfaat binatang sekitar yang dianggap sama sekali tidak penting dan menjadi binatang pengganggu bagi tanaman mereka. Ketika dihadapkan kepada ketidakpengetahuan seperti ini, mungkin saya, anda atau siapapun itu akan merasa benar pada posisi, Cuek!.

Apa itu ZPT? ZPT adalah singkatan dari  Zat Pengatur Tumbuhan atau dikenal juga dengan hormon tumbuhan yang merupakan bagian dari proses regulasi genetik dan berfungsi sebagai precursor yang aktif dalam jumlah kecil sekitar 10-6-10-5 ? (stokishcs.com). Dengan adanya hormon ini proses adaptasi dan pertahanan diri tumbuh-tumbuhan akan berlangsung lebih sehat, subur dan kuat dari kondisi biasanya.

ZPT itu sendiri dikategorikan ke dalam 6 kelompok yang terdiri dari auksin, giberelin, sitokinin, asam absisik (ABA), etilen dan retardan. Pada kesempatan ini saya sebagai pemula akan mempraktekkan satu kelompok dari 6 kelompok diatas yaitu Auksin.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Category: Agriculture  | Tags: , , ,  | 2 Comments
Thursday, December 26th, 2013 | Author:

gempa-dan-tsunami-aceh-tahun-2004

Tsunami 9 tahun yang lalu menyegarkan kembali ingatan saya dimana kenangan yang pernah tersimpan di dalam memori kembali diputar tentang dahsyatnya gempa dan tsunami 2004 yang melanda sebagian Aceh. Hampir 170.000 jiwa meninggal dunia pada hari tersebut dan puluhan ribu rumah rusak berat dan ringan.

Tsunami sendiri berasal dari bahasa jepang yang diambil dari kata tsu = pelabuhan dan nami = gelombang  yang mempunyai arti secara harfiah ombak besar di pelabuhan. Dimana berpindahnya volume air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Dalam bahasa Aceh sendiri tsunami disebut dengan ie beuna. Berdasarkan Kamus Bahasa Aceh – Belanda karangan Hoesin Djajadiningrat, arti dari ie beuna adalah gelombang tinggi yang berasal dari laut melanda daratan, diakibatkan karena gempa. Walau kedua kata diatas memiliki makna yang sama, tapi kata tsunami merupakan kata yang sangat melekat dalam ingatan masyarakat Aceh.

Tsunami Aceh membawa banyak cerita menarik yang  sayang untuk dilewatkan. Mungkin anda pernah mendengar tentang terbelahnya air tsunami di beberapa masjid di Aceh ketika dilewati, Ular besar yang menjadi petunjuk jalan bagi korban tsunami, kerelaan binatang yang bersedia mengganti tempat sebagai tempat selamat bagi manusia, dan banyak lainnya yang bisa dibaca di Internet. Tapi ada baiknya anda merelakan waktu sebentar untuk membaca kisah saya yang mungkin tidak akan anda temukan di kisah Tsunami lainnya.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Saturday, July 27th, 2013 | Author:

Grrrrrrrrrr… Kesal rasanya melihat tayangan iklan di fesbuk berisi gambar-gambar yang seronok. Lihat saja dari bunyi iklannya “septy udah pengen ‘main’, hasrat septy sudah tak tertahan, Rekor dunia mandi bugil” dan banyak lainnya yang bikin jijaaaayy..  iiiiiiiiiiiiiiiyyy. Bukan saya tidak suka, malah secara pribadi sesuatu yang mengumbar nafsu itu menyenangkan. Heiitss, saya mencoba menjadi manusia yang tidak munafik bero. Tapi bukan itu kawan, selain isi yang tidak mendidik, iklan yang berbau parnografi sudah jijik untuk dilihat. Apalagi ini bulan puasa tauuu?? Sesuatu yang semestinya berisi iklan-iklan yang bisa mendatangkan kebajikan, bukan iklan sampah yang hanya membuat anda cepat ‘dewasa’.

Seperti kebiasaan penggiat IT lainnya, dengan cekatan saya berburu plugin yang bisa membantu saya untuk mengurangi pundi-pundi dosa saya. Tidak lama setelah melakukan percobaan beberapaa plugin, eh gak bero maksudnya satu dua jenis plugin akhirnya saya temukan plugin yang dulunya (dah lama woy) memang udah pernah saya pakai. Pada gak sabaran kan? baik bero.. agar lebih afdhol saya buat step by step saja biar anda juga tau gimana cara menghapus iklan di facebook. Pertama sekali akan saya tuliskan untuk pengguna browser chrome.

CHROME
1.  Klik tombol “3 lapis garis” yang ada disudut kanan atas browser Chrome. Liyat gambar dibawah ini.

cara-hilangin-iklan-di-fb-1

2. Setelah itu bero dan sis klik Extensions. Ntar kelihatan seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik Get more extensions.

cara-hilangin-iklan-di-fb-2

3. Di kotak pencarian, tulislah nama plugin yang ingin kita cari. Nama plugin-nya adBlock. ketik dan enter.

cara-hilangin-iklan-di-fb-3

4. Pada hasil pencarian, akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Lanjut dengan meng-klik ADD TO CHROME.

cara-hilangin-iklan-di-fb-4

5. Akan keluar pesan Confirm New Extension. Klik tombol Add. Ntar akan keluar file yang didownload. Pada kasus ini setelah file tersebut didownload, plugin tersebut akan terinstall dengan sendirinya.

cara-hilangin-iklan-di-fb-5

6. Setelah terinstall, refresh kembali halaman utama fesbuk. Dan lihat, iklannya sudah ngacir ntah kemana :D

cara-hilangin-iklan-di-fb-6

MOZILLA FIREFOX

1. Klik tombol Add-ons seperti dibawah ini. Atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard yaitu CTRL+SHIFT+A.

firefox-cara-hilangin-iklan-di-fb-1

2. Pada kotak pencarian, ketik adBlock dan enter.

firefox-cara-hilangin-iklan-di-fb-2

3. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Lantas klik tombol Install di plugin yang ingin diinstall.  Dan tunggu hingga proses download warna hijau selesai.

firefox-cara-hilangin-iklan-di-fb-3

4. Masuk ke tab halaman fesbuk dan refresh. Jika tidak ada perubahan, tutup terlebih dahulu Firefox-nya kemudian buka kembali dan lihat hasilnya.

Sekian tutorial manis dari saya :*

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | Tags: , , , , ,  | 9 Comments
Wednesday, February 06th, 2013 | Author:

Sebelum saya bermain (baca: traveling, bero) ke pulau ini, yaitu pulau nasi, saya masih belum mengetahui persis nama pulau ini yang mana? Pulau nasi, pulau breuh atau pulau Aceh. Ketiga nama pulau ini memang sudah lama saya dengar tapi belum pernah menginjak kaki disana. Sesampai disanalah saya baru mengetahui bahwa pulau nasi adalah bahagian dari salah satu pulau dari pulau Aceh atau lebih tepatnya dibawah kecamatan Pulo Aceh kabupaten Aceh Besar.

Pulo Aceh terbagi kedalam 3 mukim yaitu mukim Pulo Breuh Utara, Pulo Breuh Selatan dan Mukim Pulo Nasi. Mukim Pulo Nasi yang saya kunjungi membawahi 5 kampung, yaitu kampung Alue Reuyeueng, Rabo, Deudap, Lamteng dan Pasie Janeng. Untuk bisa mencapai ke Pulau ini hampir tiap harinya ada transportasi laut loh. Lah namanya juga pulau, tentu harus menggunakan jasa laut yah? hihi.. Boat Nelayan adalah jasanya. Wah koq bisa? yah memang begitu. Anda harus siap tahan banting dari ‘amukan’ gelombang. Secara boatnya ukuraaaann.. hmm mau bilang kecil, bisa jadi, mau bilang besar, ya tidak sebesar KMP kepunyaan ASDP. Susah juga menentukan ukuran. Mungkin tepatnya lebih kurang muat 30-40 penumpang beserta sepeda motor dan keperluan penumpang. Dari Banda Aceh anda bisa berangkat melalui dermaga kecil yang ada di Ulee Lheue tepatnya diantara Kafe Wisata Kuliner dan Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Bout nelayan ke Pulo Nasi ini, sedianya berangkat jam 2 siang (14.00 WIB) dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam ke pelabuhan/dermaga Lamteng dan kurang lebih 1 jam ke dermaga Deudap. Ini semua tergantung dari kondisi cuaca dan gelombang di laut. Setiap dermaga ini digunakan selang sehari. Misal hari ini dari Lamteng menuju ke Banda Aceh (bolak-balik), esoknya dari Deudap ke Banda Aceh (Bolak-balik). Lusanya baru dari Lamteng lagi.

Mau lanjut baca? klik ini…

Possibly Related Posts:


Check Google Page Rank