Saturday, March 07th, 2009 | Author:

Kemajuan teknologi telah membuat perubahan yang sangat mendasar bagi kehidupan umat manusia. Dari cara hidup sampai segalanya. Nah disini kita akan mencoba memanfaatkan teknologi untuk bisa menentukan arah kiblat secara cepat dan tepat. Ada 2 cara yang saya ketahui dalam menentukan arah kiblat ini. Cara pertama menggunakan Google earth dan akan memakan waktu yang sedikit agak lama.  Cara kedua menggunakan aplikasi webgis dari seorang ibn Mas’ud untuk bisa menentukan arah kiblat secara cepat. Pada kesempatan ini akan dibahas menggunakan cara ke-2.

Jika anda sudah siap, ikuti langkah berikut ini:
01. Buka www.qiblalocator.com.

02. Jika web sudah terbuka, disana anda bisa melihat 3 buah tombol didalam peta (Map, Satellite, dan Hybrid). Klik tombol Satellite. Kenapa harus memilih Satellite? karena penginderaan dalam bentuk foto satellite akan mempermudah anda dalam mencari objek atau tempat yang ingin anda ketahui arah kiblatnya dan keakuratannya.

03. Kemudian masukkan kota dimana anda bermukim. Misal Banda Aceh.

04. Disini saya akan mencoba lebih detail dengan mencari keakuratan arah kiblat dari Masjid Raya Baiturrahman (MRB). Jika anda ingin mencoba juga dikolom pencarian ketik: Masjid Raya baiturrahman.

Bravoo, pas banget yah. Padahal MRB didirikan pada tahun 1292 pada jaman kerajaan Sultan Alidin Mahmudsyah. Salut deh buat ulama² jaman dahulu tanpa teknologipun arah kiblat bisa seakurat itu.

05. Sampai pada langkah ini, anda sudah bisa mencari posisi arah kiblat di tempat dimana anda tinggal bukan? Baguss.. :)

06. ok, kita lihat satu contoh lagi. Sekarang kita terbang ke jogja. (wah ada apa pula dijogja..!!) hehe.. ikut aja deh ga usah banyak tanya :p. Masukkan dikotak pencarian Masjid Kampus UGM, dan lihat ternyata arah kiblatnya juga pas.

07.  Al-akhir, semoga dengan kemajuan teknologi berbasis webgis dibidang Agama ini membuat kita lebih banyak bersyukur akan kemajuan teknologi yang diberikan Allah kepada kita semua. Allahumma Amin.

Greetz:
adikcilak, yang sudah menanyakan hal ini sehingga menginpirasikan saya untuk menulis.

Possibly Related Posts:


Category: Agama, ICT
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
  1. hack87 says:

    berarti hana rugoe lah google map nyan menyoe untuk seumahyang kana ata lage nyan rupa…. :)

    [Reply]

  2. Munawar says:

    Bereh that lagoe
    beutoi hayee Mesjid Raya Baiturahman, takjub lon kalon

    nyan ban di Yogya, so nyan di yogya ????
    hehehe

    [Reply]

  3. kakve-santi says:

    makasih..
    wow ada petunjuk arah kiblat..
    bisa dipake di hutan gak ya..xixi..:D

    [Reply]

  4. nadiri says:

    wah, postingnya sama nih… tapi pakai Google Earth. saya juga bikin di Menentukan Arah Kiblat Sholat Menggunakan Software Google Earth
    siapa tahu berguna. ada juga posting menentukan arah kiblat berdasarkan posisi matahari di blog saya juga.
    tks.

    [Reply]

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

NoFollow Plugin made by Web Hosting

Check Google Page Rank