Saturday, March 22nd, 2014 | Author:

Hari ini, saya dipermainkan oleh sebuah cabang ilmu pertanian bagian penyubur tumbuhan. Bisa dibilang cukup unik untuk seukuran saya yang tidak pernah atau sama sekali tahu tentang dunia bercocok tanam. Apa yang saya lakukan ini sebenarnya timbul dari sedikitnya orang yang tahu dan merasa cuek dengan manfaat binatang sekitar yang dianggap sama sekali tidak penting dan menjadi binatang pengganggu bagi tanaman mereka. Ketika dihadapkan kepada ketidakpengetahuan seperti ini, mungkin saya, anda atau siapapun itu akan merasa benar pada posisi, Cuek!.

Apa itu ZPT? ZPT adalah singkatan dari  Zat Pengatur Tumbuhan atau dikenal juga dengan hormon tumbuhan yang merupakan bagian dari proses regulasi genetik dan berfungsi sebagai precursor yang aktif dalam jumlah kecil sekitar 10-6-10-5 ? (stokishcs.com). Dengan adanya hormon ini proses adaptasi dan pertahanan diri tumbuh-tumbuhan akan berlangsung lebih sehat, subur dan kuat dari kondisi biasanya.

ZPT itu sendiri dikategorikan ke dalam 6 kelompok yang terdiri dari auksin, giberelin, sitokinin, asam absisik (ABA), etilen dan retardan. Pada kesempatan ini saya sebagai pemula akan mempraktekkan satu kelompok dari 6 kelompok diatas yaitu Auksin.

Auksin memiliki manfaat diantaranya:

  1. Perkecambahan biji. Auksin akan mematahkan dormansi biji (biji tidak mau berkecambah) dan akan merangsang proses perkecambahan biji. Perendaman biji/benih dengan Auksin juga akan membantu menaikkan kuantitas hasil panen.
  2. Pembentukkan akar. Auksin akan memacu proses terbentuknya akar serta pertumbuhan akar dengan lebih baik.
  3. Pembungaan dan pembuahan. Auksin akan merangsang dan mempertinggi prosentase timbulnya bunga dan buah.
  4. Mendorong Partenokarpi. Partenokarpi adalah suatu kondisi dimana tanaman berbuah tanpa fertilisasi atau penyerbukan sehingga dapat menghasilkan buah tanpa biji.
  5. Mengurangi gugurnya buah sebelum waktunya.
  6. Mematahkan dominansi pucuk / apikal, yaitu suatu kondisi dimana pucuk tanaman atau akar tidak mau berkembang.

Nah, setelah kita tahu manfaatnya, sekarang kita praktekkan cara membuat auksin.

Bahan : 
a.    1 Kg Keong mas / Siput / Bekicot.
b.    5 Liter Air.
c.    1 Kg Gula / Tetes tebu.
d.    1 gelas EM4/MOL. Dapat dibeli ditoko pertanian/obat-obatan seharga 25 ribu rupiah.

 

Langkah-langkahnya :

1. Hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan Keong Emas/Siput. Di Aceh, kami menyebutnya dengan Abo.  Keong Emas atau abo dapat dicari di saluran air pematangan sawah. Sesampai dirumah, sebaiknya kotoran lumpur di cangkang dibersihkan agar nanti ketika direbus airnya tidak penuh dengan kotoran lumpur.

Cara Membuat ZPT

2. Masukkan keong mas ke dalam panci atau tempat memasak apapun itu. Masukkan air secukupnya. Kira-kira sampai keongnya tenggelam. Kemudian hidupkan api dan rebus sampai air mendidih atau sampai kelihatan isi keongnya keluar.

Cara Membuat ZPT

3. Setelah dingin, congkel isinya dengan kayu, obeng, atau apa saja sehingga daging keong terpisah dari cangkangnya. Jangan lupa cangkangnya dibuang. 

Cara Membuat ZPT

4. Siapkan EM4, Gula/tetasan tebu dan air sesuai kebutuhan. Kenapa disini saya menggunakan botol qua? agar memudahkan kita dalam melakukan takaran.

Cara Membuat ZPT

5. Masukkan air tebu/gula ataudan sejenis pemanis lainnya ke dalam sebuah wadah, di kasus ini saya langsung memasukkannya ke dalam kuali.

Cara Membuat ZPT

6. Masukkan cairan EM4 kedalam sebuah gelas.

Cara Membuat ZPT

7. EM4 yang sudah ditakar tadi  (ya lebih kurang satu gelas) dimasukan ke dalam kuali. kemudian aduklah secara perlahan-lahan. Kenapa perlahan-lahan? tentu supaya isi dan cairannya tidak tumpah ke tanah.. hehehe..

Cara Membuat ZPT

8. Langkah selanjutnya, adonan yang sudah diramu dalam kuali dimasukan ke dalam ember. Kemudian tambahkan air kira-kira 4 liter. Ini diasumsikan jika “sup” keong tadi nilai volumenya sudah ada 1 liter. Sehingga totalnya berisi 5 liter air.

Cara Membuat ZPT

9. Tutup rapat dengan plastik. Ikat dengan karet atau tali plastik seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat ZPT

10. Simpan ditempat yang teduh dan biarkan ramuan ini selama 12 sampai 15 hari ke depan. Demikian tutorial cara membuat ZPT auksin. Jika ada penambahan atau masih kurang sempurna, dapat dikomen pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

*Sebagian isi artikel ini disadur dari website: stokishcs.com

Possibly Related Posts:


Category: Agriculture
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
  1. membaca postingan ini jadi ingat masa kuliah di Jur Hama Penyakit Tumbuhan Fak Pertanian Unsyiah dulu….

    thanks

    [Reply]

    adikcilak Reply:

    Hehehe.. semoga semakin terilhami kembali untuk kembali ke jalan argo :D

    [Reply]

  2. galih w says:

    slamat sore mbak , artikelnya sangat menarik bagi petani muda yg berharap jd modern spt saya . !
    klo boleh tw brp PPM kandungan auxin dlam larutan yg anda buat tsb ?? thankzz ,

    [Reply]

    adikcilak Reply:

    Wah, kalau itu saya tidak tahu.
    Yang penting saya dapat pengetahuan langsung coba..
    mungkin bisa ditanya yang lbih paham

    [Reply]

  3. deprimadoni says:

    emang apa efeknya pada tanaman, dan ada gak sih perbandingan yang telah di kasih ZPT keong mas ni, dan yang tidak nya ,,, kalau ada boleh lihat gambar tanaman nya,,, timbul penasaran ni,,
    terima ksih,,

    [Reply]

    adikcilak Reply:

    Waktu itu pernah saya memberikan dosis ‘zpt’ ini ke tumbuhan, tapi kelewat banyak dosisnya hingga mati.

    mungkin tulisan diatas perlu saya perbaiki, alangkah lebih baik, keong mas ini tidak direbus. karena jika direbus, bakteri pembawa yang ada di keongmas ini akan ikut mati.

    [Reply]

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

NoFollow Plugin made by Web Hosting

Check Google Page Rank