Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): Access denied for user ''@'localhost' (using password: NO) in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806

Warning: mysql_real_escape_string(): A link to the server could not be established in /home/acil/public_html/blog/wp-content/plugins/statpress-reloaded/statpress.php on line 1806
ICT - adikcilak.com

Archive for the Category » ICT «

Saturday, May 02nd, 2009 | Author:

Sebagian besar dari proses penyebaran virus  berasal dari flashdisk.  Flashdisk, selain sebagai alat penyimpanan data, ia juga menjadi media empuk bagi programmer virus untuk menyebarkan virus buatannya. Untuk itu anda perlu tahu apa yang menyebabkan proses penyebaran virus melalui media  flashdisk ini sangat efektif.

Default hampir semua komputer ber-sistem operasi Windows mengaktifkan Autoplay dalam posisi On (hidup). Dimana posisi ini apabila flashdisk dimasukkan kedalam port usb, file system pada flashdisk yang bernama autorun.inf akan menjalankan kode script yang ada pada file tersebut. Sehingga dengan memanfaatkan file ini pembuat virus dengan mudah menginfeksi komputer sasaran.  Komputer yang tidak memiliki sistem proteksi yang ampuh akan terjangkiti virus ini dan merusak file system dari sistem operasi Windows. Dengan demikian komputer anda akan cacat dan tidak akan berjalan dengan normal. Begitulah sedikit gambaran kenapa penyebaran virus via flashdisk ini begitu cepat.

Berangkat dari penjelasan diatas, mari kita mencoba tips kecil  berikut ini:

01. Klik Start » Run. Ketik:  gpedit.msc.

02. Dalam kotak Group Policy, Pilih Administrative Templates » System. Untuk windows 7 pilih Administrative Templates » Windows Components » AutoPlay Policies.

gpedit

03. Di kolom sebelah kanan, cari  sistem yang namanya Turn Off Autoplay. Klik 2 kali pada sistem tersebut.

04. Jika sudah, anda akan melihat setingan default-nya masih berada pada opsi Not Configured.

05. Ubah ke opsi Enabled dan pilih Turn off Autoplay on: All drives.

turnoffa

06. Klik Apply dan OK. Maka proses autoplay akan mati sesuai prosedur yang kita jalankan.

Dengan anda mengikuti tips diatas, maka selangkah anda telah memperkecil penyebaran virus di komputer kesayangan anda.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 16 Comments
Sunday, April 26th, 2009 | Author:

flip

Tulisan diatas adalah salah satu bentuk curhatan saya kepada orang yang saya cintai. Intinya agar apabila ada orang lain yang ingin membaca status saya, dia tidak terlalu cepat menangkap isi berita tersebut. Biasalah kalau menulis dengan font biasa di status, semisal fesbuk pasti bakalan banyak yang ngerespon atau bahkan mencemoohkan.. sedihkan klo di cemoohkan.. :)

Tulisan terbalik tersebut merupakan salah satu bentuk font yang sedang digemari anak muda-mudi di dunia maya.  Cara pemakaiannya sangatlah mudah, hanya dengan membuka url http://www.fliptext.org/ kamu sudah bisa mengapresiasikan gayamu.. eitss.. ingat jangan mati gaya macam iklan salah satu operator gsm :)

selamat mencoba.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | Tags: , ,  | 14 Comments
Monday, April 20th, 2009 | Author:

Tanpa memperpanjang mukadimah, berikut cara menghilangkannya.

01. Buka Regedit dengan cara Start » Run. Ketik Regedit. Enter.

02. Masuk ke HKLM » SYSTEM » CurrentControlSet » Services » Browser » Parameters.

03. Klik 2 kali pada  IsDomainMaster dan isikan FALSE. Jika di komputer anda belum anda, dikolom sebelah kanan, klik kanan New » String Value. Tulis IsDomainMaster.

04. Kemudian masuk ke HKLM » System » CurrentControlSet » Services » NetBT » Parameters.  Cari TransportBindName dan kosongkan datanya.

05. Terakhir, masuk ke HKLM » Software » Microsoft » Ole. Di kolom sebelah kanan cari EnableDCOM dan isikan datanya dengan N.

dicoba yah, mudah-mudahan permasalahannya hilang.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 15 Comments
Monday, March 30th, 2009 | Author:

Pernah gak di komputer teman² tertular virus  Conficker atau nama lainnya Downadup atau kido. Jika emang iya pasti teman² dibuat salut olehnya bukan? -mungkin lebih tepat anda akan menyebutnya sebel, benci, marah, atau kata² yang lebih parah untuk melampiaskannya-.  Saya lebih  suka menyebut “salut” dikarenakan virus ini berbeda dengan virus² lainnya. Dikarenakan proses penularan yang menarik. Berawal dari kebiasaan saya membersihkan virus.

Apabila komputer saya dijangkiti virus, dan proses pembersihannya lebih lama dari pada menginstall ulang windows dan programs, maka saya akan memilih proses install ulang windows. Beberapa minggu yang lalu atau bisa dikatakan sebulan yang lalu ketika komputer saya dan komputer teman² saya dijangkiti virus ini saya harus menginstall ulang windows sampai 3 kali.  Kebiasaannya kalau kena virus parah saya hanya butuh install 1 x. Tapi virus ini beda, dia akan menjangkiti hampir semua file .exe dalam setiap folder partisi anda. Walau tidak semua tapi  dia seolah-seolah tau jika kita menginstall ulang windows, kita akan menginstall program pendukung seperti Ms. Office atau apalah di Folder Installer milik kita bukan?. Nah itulah yang terjadi pada saya, folder Installer yang saya simpan di salah satu partisi komputer saya hampir semuanya dimakan, alhasil saya harus menghapus semua isi folder Installer dan kembali menginstall ulang windows karena mengklik virus tersebut.

Wah kepanjangan mukadimah nih sampai lupa mau kasih tau cara membersihkannya. Baiklah pertama sekali saya ucapkan terima kasih kepada programmer PCMAV di virusindonesia.com yang telah membuat program pembersih ini. Download programnya disini dan patch system.

Jika sudah didownload ikutin cara berikut ini.

  1. Pastikan user Anda memiliki hak setara Administrator.
  2. Non-aktifkan antivirus yang terinstall agar tidak mengganggu PCMAV Express.
  3. Disable LAN komputer anda.
  4. Kompres filesnya dan jalankan, setelah selesai, sangat disarankan untuk melakukan restart dan scan ulang (jika perlu).
  5. Setelah virus berhasil dituntaskan, segera update/patch Windows Anda. PCMAV Express ini pun dapat mendeteksi apabila komputer Anda belum di patch.
  6. Pastikan seluruh PC yang telah terhubung di dalam jaringan juga telah bebas Conficker, sebelum PC Anda kembali terkoneksi ke jaringan.
  7. Pastikan password hak Administrator di PC Anda tidak mudah ditebak, karena Conficker memiliki kemampuan menyusup dengan melakukan “tebakan” terhadap password Administrator dengan kosakata umum yang ada dalam kamusnya. Gantilah password Anda dengan gabungan alphabet dan numerik agar tidak mudah ditebak.
  8. Jika langkah 3-7 di atas tidak Anda ikuti dengan baik, maka besar kemungkinan Conficker dapat menyerang kembali, sebagus apapun antivirus yang Anda gunakan.

pcmavexpress_conficker

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | Tags: ,  | 10 Comments
Saturday, March 07th, 2009 | Author:

Kemajuan teknologi telah membuat perubahan yang sangat mendasar bagi kehidupan umat manusia. Dari cara hidup sampai segalanya. Nah disini kita akan mencoba memanfaatkan teknologi untuk bisa menentukan arah kiblat secara cepat dan tepat. Ada 2 cara yang saya ketahui dalam menentukan arah kiblat ini. Cara pertama menggunakan Google earth dan akan memakan waktu yang sedikit agak lama.  Cara kedua menggunakan aplikasi webgis dari seorang ibn Mas’ud untuk bisa menentukan arah kiblat secara cepat. Pada kesempatan ini akan dibahas menggunakan cara ke-2.

Jika anda sudah siap, ikuti langkah berikut ini:
01. Buka www.qiblalocator.com.

02. Jika web sudah terbuka, disana anda bisa melihat 3 buah tombol didalam peta (Map, Satellite, dan Hybrid). Klik tombol Satellite. Kenapa harus memilih Satellite? karena penginderaan dalam bentuk foto satellite akan mempermudah anda dalam mencari objek atau tempat yang ingin anda ketahui arah kiblatnya dan keakuratannya.

03. Kemudian masukkan kota dimana anda bermukim. Misal Banda Aceh.

04. Disini saya akan mencoba lebih detail dengan mencari keakuratan arah kiblat dari Masjid Raya Baiturrahman (MRB). Jika anda ingin mencoba juga dikolom pencarian ketik: Masjid Raya baiturrahman.

Bravoo, pas banget yah. Padahal MRB didirikan pada tahun 1292 pada jaman kerajaan Sultan Alidin Mahmudsyah. Salut deh buat ulama² jaman dahulu tanpa teknologipun arah kiblat bisa seakurat itu.

05. Sampai pada langkah ini, anda sudah bisa mencari posisi arah kiblat di tempat dimana anda tinggal bukan? Baguss.. :)

06. ok, kita lihat satu contoh lagi. Sekarang kita terbang ke jogja. (wah ada apa pula dijogja..!!) hehe.. ikut aja deh ga usah banyak tanya :p. Masukkan dikotak pencarian Masjid Kampus UGM, dan lihat ternyata arah kiblatnya juga pas.

07.  Al-akhir, semoga dengan kemajuan teknologi berbasis webgis dibidang Agama ini membuat kita lebih banyak bersyukur akan kemajuan teknologi yang diberikan Allah kepada kita semua. Allahumma Amin.

Greetz:
adikcilak, yang sudah menanyakan hal ini sehingga menginpirasikan saya untuk menulis.

Possibly Related Posts:


Category: Agama, ICT  | 6 Comments
Tuesday, February 17th, 2009 | Author:

Menindaklanjuti artikel saya ini dan ini serta responnya bang ataherster (abang atau kakak yah? atau adik kali) yang sangat berguna, kali ini saya akan membahas bagaimana membuat folder dengan nama “con”.

Pada artikel terdahulu, saya telah mencoba memberikan tantangan yang saya sendiri menyerah untuk itu. Koq bisa? yah bisa lah.. toh emang ga bisa (Lucu kata²nya). Baiklah, pada artikel kali ini, kita akan mencoba membuat folder “con” tersebut dengan cara yang lain. Yang pada intinya kita bisa melihat folder “con” tersebut eksis di windows explorer. Siap?, Here we go..

01. Buka Run, dengan cara klik Start » Run. ketik “cmd” (ketik “comand prompt” juga boleh). klik OK.

02. Kotak Command Prompt akan keluar dan posisi direktori aktif berada pada C:\Documents and Settings\admin>. Sangat besar kemungkinan direktori aktif anda akan berbeda dengan saya (default user saya adalah admin).

03. Ketik perintah berikut ini: md \\.\C:\con. Perintah tersebut berarti membuat direktori “con” pada partisi C:

04. Cepetan buka Windows Explorer dan lihat folder con sudah bisa terbentuk :).

05. Jika anda tidak senang dengan folder tersebut, hapus kembali folder tersebut dengan cara: rmdir \\.\C:\con.

06. Hehe.. semoga berguna.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 27 Comments
Thursday, January 29th, 2009 | Author:

Ternyata, mengubah permalinks di wordpress bukan seperti semudah membalikkan telapak tangan. Buktinya ketika saya mencoba untuk membuat sebuah permalink yang keren, saya dihadapi dengan pesan kesalahan yang membuat saya bingung tujuh keliling.. Untung, pas mata saya melirik ke atas kepala ga ada burungnya..hehe..

Kira-kira pesan errornya seperti ini:
The requested URL /2009/01/28/menghapus-spam-di-comment-wordpress/ was not found on this server. Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.”  Nyan..

Lagi-lagi paman Google membantu saya mengatasi masalah ini. Dengan cara mengatur files .htaccess pada direktori utama wordpress dan direktori wp-admin, maka permasalahan diatas teratasi. bay de wee, caranya bisa dilihat berikut ini.

01. Jika dalam hosting anda file .htaccess belum ada, simpan kode dibawah ini ke dalam file .htaccess dalam direktori /home/user_anda/public_html/[Wordpress]/wp-admin/.htaccess

<IfModule mod_security.c>
SecFilterInheritance Off
</IfModule>

02.  Juga simpan kode dibawah ini dalam file .htaccess dalam direktori /home/user_anda/public_html/[Wordpress]/.htaccess

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

03.  Jika sudah, Refresh kembali link yang error tadi, dan taraaaaa… permalinknya sudah aktif. cihuiiii.. cakep euy :)

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 34 Comments
Wednesday, January 28th, 2009 | Author:

Hai..
Saya hadir kembali untuk anda, di acara yang tidak jauh-jauh berbeza seperti kemaren-kemaren. (Sapa tanya?)
Kali ini saya akan coba berbagi bagaimana cara menghapus spam secara cepat di WordPress. Tulisan ini saya buat karena 3 minggu belakangan ini saya dibanjiri “kue enak” dari spammer.. hohoho.. awalnya seh saya biarin karena bangga lihat comment banyak gitu sampe ribuan :)) tapi ujung kulon, eh ujung-ujung maksudnya bikin kesal juga.

Baik, tulisan dan tutorial ini pertama sekali saya dedikasikan buat pengguna wordpress yang memiliki hosting pribadi dengan cPanel sebagai Control Panel utama website-nya. Jika anda memenuhi persyaratan tersebut, silahkan anda cicipi tutorial berikut ini.

01. Di Dashboard WordPress tepatnya di menu Comments, anda bisa melihat semua komen-komen tamu anda. Disana anda bisa mengatur sejauh mana komen tersebut diperbolehkan, baik itu penyetujuan untuk ditampilkan, dikategorikan ke dalam spam, maupun dihapus. Semua ada didalam genggaman jari anda. betul begitu..?? Kalau betul silahkan lanjut. hehe.. Nah bagaimana jika status komen spam itu membanjiri Kotak Comments. Andaikan spam di Comments anda itu udah ribuan (lihat gambar kemudian lihat total yang dikotakin merah), bagaimana cara menghapusnya??


02. Sepertinya menghapus satu blok kotak itu membuat jari anda “Rajin” berolah raga yah..hehe.. ok, sekarang daripada ngeklik itu semua untuk dihapus, mending anda masuk ke dalam cPanel kemudian cari kotak Databases klik phpMyAdmin.


03. Didalam phpMyAdmin, silahkan anda cari database dari wordpress. Pada database saya namanya _wrdp1.  Jika sudah ketemu, klik tabel wp_comments di kolom sebelah kiri. Di kolom sebelah kanan, silahkan anda klik tab Browse untuk melihat data-data komen yang ada spamnya. Yang sangat penting dicatat pada session ini adalah IP pada tabel comment_author_IP dimana disini nantinya akan menjadi kunci sukses penghapusan data komen spam. IP Spam pada contoh ini adalah 83.233.30.32. kemudian klik Edit (Buletan merah yang kedua) dan akan keluar kotak SQL.


04. Proses selanjutnya adalah memberikan perintah SQL untuk menghapus data pada kolom comment_author_IP.

Perintah dasarnya : DELETE FROM nama_tabel WHERE nama_kolom = ‘kondisi’;
Perintah yang digunakan:
DELETE FROM wp_comments WHERE comment_author_IP = ’83.233.30.32′;

Pada gambar dibawah ini, saya lebih mengkhususkan penghapusan data spam pada IP 83.233.30.32 dengan ID post 43. Jika perintah sudah ok, langsung klik Go.

05.  Tunggu sebentar, data spam sedang dihapus. Dan hasilnya, wah ternyata ribuan.. Deleted rows:2315 ….

06. Refresh halaman Manage Comments di Dashboard-Comments dan lihatlah perbedaan gambar pada gambar langkah 01. ada  yang berbeda bukan :D

07. Sampai dengan langkah 06, proses penghapusan spam di Comments WordPress telah selesai. Tapi masih ada yang kurang, bagaimana jika Spam kembali membanjiri Kotak Comments? Salah satu caranya yaitu dengan memblock IP dari Spam tersebut.

08. Masih dalam cPanel, Masuk ke dalam Kotak Security terus klik IP Deny Manager.

09. Pada Halaman IP Deny Manager, masukkan IP dari Spam tersebut dan klik Add.  Maka Server akan secara otomatis memblock setiap paket request dari IP spam tersebut.

10. Alhamdulillah, akhirnya selesai juga :) semoga bermanfaat yah.

Note: Untuk melihat kedetailan gambar, klik kanan pada gambar tersebut dah pilih View Image.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 6 Comments
Wednesday, January 14th, 2009 | Author:

Setelah sekian minggu asyik dengan chating dan koneksi yang lelet  membuat saya males blogging, akhirnya hari ini kembali menulis sepucuk “surat” tentang episode yang belom berakhir. Episode itu menceritakan tentang sebuah nama folder yang tidak bisa dibuat di windows explorer.

Ternyata pada episode terdahulu, saya hanya memberikan satu nama folder yang tidak bisa di buat. karena kebetulan folder tersebut yang saya tau. Dan secara sangat kebetulan kawan saya bernama syahuri memberikan beberapa link tentang nama-nama folder yang tidak bisa dibuat tersebut. Berikut ini nama-nama folder yang tidak bisa di buat di windows explorer dan telah saya coba memang tidak bisa.

PRN, AUX, CLOCK$, NUL, COM1, COM2, COM3, COM4, COM5, COM6, COM7, COM8, COM9, LPT1, LPT2, LPT3, LPT4, LPT5, LPT6, LPT7, LPT8, and LPT9. (sumber :answer)

Alasan tidak bisa dibuat dikarenakan nama-nama tersebut merupakan nama system dasar DOS. Jadi sampai mampuspun anda bakalan tidak bisa membuatnya. hehe..

Tapi jangan kecewa,, pada episode berikutnya saya akan membahas cara membuatnya melalui “underground” proces. Jadi, bersabarlah. hehe..

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 15 Comments
Friday, January 02nd, 2009 | Author:

Siapa seh yang ga kesel ketika tiba-tiba data/informasi yang ingin diperoleh dari web tidak bisa kita copy!. Nah jika anda mendapati masalah tersebut, berarti web tersebut dipasangin javascript anti-copy, yang tujuannya biar data di web tersebut tidak bisa dicopy =p Emang enak..

Tapi tenang.. mudah koq untuk bisa mendapati data tersebut :)
ikuti petunjuk berikut ini:

Sebelumnya lihat dahulu tampilan berikut ini:


Pada gambar diatas, secara kasat mata :D web serambi disisipi sebuah script anti-copy, yang gunanya seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk bisa meng-copy data pada halaman berita tersebut, di Browser Firefox Mozilla, Pilih Tools » Options… kemudian akan keluar Kotak dialog “Options” seperti pada gambar dibawah ini, hilangkan tanda conteng pada opsi “Enable JavaScript”.

Setelah anda mengikuti petunjuk diatas, Refresh-kan kembali web tersebut.. dan hasilnya,, anda bisa meng-copykan data tersebut..

Atau anda bisa juga menggunakan browser Opera, yang bawaan default-nya sudah bisa memblok dan copy-paste tulisan yang terpasang script anti-copy.  Semoga bermanfaat.

Possibly Related Posts:


Category: ICT  | 11 Comments
Check Google Page Rank